Apa itu Simbangda Kabupaten Banyuasin?

Simbangda Kabupaten Banyuasin merupakan platform yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Platform ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan berbagai stakeholder. Simbangda sebagai bank data di Kabupaten Banyuasin. Feature di dalam aplikasi ini dapat mempermudah pengunggahan dan pengelolaan data berupa data spasial (raster dan vector) ataupun non spasial (gambar, tabular, teks).


Landasan Hukum Pembuatan Simbangda 

  • Peraturan Bupati No. 175 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan dan Penggunaan Sistem Informasi Geospasial Kabupaten Banyuasin;
  • Peraturan Bupati No. 61 Tahun 2017 tentang Pedoman Pejabat Pengelola Informasi Publik dan Dokumentasi (PPID) dalam Pengelolaan Satu Data Pembangunan Daerah di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banyuasin.

Tujuan Simbangda Kabupaten Banyuasin 

Tujuan Simbangda Kabupaten Banyuasin adalah untuk mewadahi data dan informasi yang dimiliki oleh seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banyuasin untuk mendukung proses pembangunan daerah yang berkelanjutan sertda dapat mendukung terealisasinya Program Banyuasin Terbuka.


Sasaran Simbangda Kabupaten Banyuasin

  • Mendorong ketersediaan data dan informasi secara partisipatif. Dengan adanya Simbangda  diharapkan terciptanya keseragaman data yang sudah disepakati oleh masing-masing walidata di pemerintahan Kabupaten Banyuasin.
  • Mendukung pembangunan sistem dan infrastuktur secara mandiri efektif dan efisien. Dengan adanya Simbangda diharapkan mampu memperbaiki sistem pelayanan terhadap data di Kabupaten Banyuasin. Perbaikan sistem pelayanan dapat dilakukan karena adanya tranparansi dan akuntabel data.
  • Mempersiapkan sumberdaya manusia agar dapat terlibat aktif dalam proses pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah. Simbangda diharapkan mampu meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan data dan pengumpulan data. Dalam sisi pengawasan data, diharapkan simbangda dapat menjadi sarana masyarakat untuk melakukan sinkronisasi antar OPD yang ada di Kabupaten Banyuasin. Sedangkan dalam sisi pengumpulan data, diharapkan masyarakat dapat membantu OPD dalam pengumpulan data yang tidak dapat dilakukan oleh pemerintah setempat.

Kontak dan Narahubung

Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kabupaten Banyuasin

u.p Bidang Pengelolaan Data Informasi Publik dan Statistik (PDIPS)

Komplek Perkantoran Pemerintah Kab. Banyuasin, Jalan Kedondong Raya, Banyuasin III, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan.